selamat datang sahabat-sahabat yang peduli pendidikan..

Ada Untuk Berbagi,.
Terlahir untuk berproses...
Salam Pendidikan Berkualitas...

Minggu, 27 Februari 2011

Mengenal konsep marketing dan jasa.

Mengenal Konsep Marketing dan Jasa

Manajemen pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya untuk berkembang dan mendapatkan laba. Inti dari pemasaran adalah komunikasi, karena komunikasi digunakan sebagai alat menyampaikan konsep atau ide tentang produk atau jasa. Sebelum lebih jauh mempelajari apa itu manajemen pemasaran maka sangat penting untuk terlebih dahulu mengerti konsep pemasaran. Pemasaran atau Marketing adalah proses sosial dan manajerial yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mendapatkan apa yang dia inginkan melalui pertukaran produk.

Konsep pemasaran bertujuan untuk memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kepada kebutuhan konsumen. Keinginan muncul setelah kebutuhan, dan kebutuhan berasal dari diri sendiri sedangkan keinginan karena faktor budaya / modern / dari luar. Misalkan saja seseorang yang merasakan lapar, maka makan adalah upaya untuk memenuhi kebutuhan laparnya tersebut, dan memilih makanan sesuai dengan selera disebut dengan keinginan. Terkait dengan keinginan dan kebutuhan manusia tersebut, maka dalam ekonomi atau pasar muncul hukum permintaan dan hukum penawaran ( Cateris Paribus ) “ permintaan akan bertambah apabila harga turun dan akan berkurang apabila harga naik, serta jika harga semakin rendah maka penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya”, serta dapat berpengaruh pada kondisi atau keberlangsungan kegiatan pasar.

Kegiatan pasar dapat berlangsung jika memenuhi beberapa unsur yaitu terdapat penjual, pembeli, alat pembayaran, danbarang yang dijual ( produk dan jasa ). Produk merupakan segala apapun yang bisa ditawarkan ke pasar, diperhatikan, digunakan dan dikonsumsi untuk memuaskan. Sedangkan jasa merupakan apapun yang dapat menjual, baik personal maupun servis, tempat, organisasi, ide, nilai, produk, interaksi produsen dan konsumen. Produk dikatakan sebagai suatu jasa karena memenuhi ciri-ciri abstrak / tidak konkret, dibeli dulu baru diproduksi, tidak bisa disimpan, kualitas jasa ditentukan interaksi produsen dan konsumen, memiliki nilai / value.

Selanjutnya, hal penting lainnya yang terdapat dalam kegiatan pemasaran adalah aktivitas transaksi. Transaksi merupakan kegiatan perdagangan diantara dua pihak yang melibatkan minimal dua hal yaitu value dan agree/kesepakatan, serta dengan memperhatikan kondisi, tempat dan waktu yang ditentukan oleh penjual dan pembeli dan terjadi proses pertukaran ( Exchange ).

Dalam konteks pemasaran atau marketing, terdapat 5 konsep ( filosofi marketing ) yang perlu diketahui antara lain :
1.Konsep Produksi, konsep ini menggunakan konsep produksi barang sebanyak-banyaknya, tempat yang strategis dan berada dimana-mana.

2.Produksi, konsep ini berfokus pada produk yang diproduksi, selain konten juga memperhatikan sisi kemasan produk agar konsumen tertarik untuk membeli.

3.Konsep Penjualan, konsep pemasaran ini menggunakan cara dengan menjual produk dengan skala tersebar dan dapat memenuhi kebutuhan di suatu tempat sehingga memudahkan konsumen untuk pemenuhan kebutuhan.

4.Marketing concept, konsep pemasaran yang menggunakan cara dengan memasarkan produk tanpa membawa produknya langsung kepada para konsumen, melainkan hanya membawa sampel gambar, catalog, brosur.

5.Sosial Marketing, konsep ini berdasarkan pada cara pemasaran agar terdapat banyak pihak yang dapat merasakan keuntungan ( pedagang, pelanggan, bahkan lingkungan ), contoh perusahaan air Aqua yang mepromosikan program bahwa setiap 1 liter air aqua yang dikonsumsi atau dibeli dapat membantu masyarakat di daerah-daerah yang sulit mendapatkan air bersih sebanyak 10 liter.




TUTI ALFIANI/MP Non REguler 2009

REPORTASE PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-1
MANAJEMEN PEMASARAN DAN JASA PENDIDIKAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar