selamat datang sahabat-sahabat yang peduli pendidikan..

Ada Untuk Berbagi,.
Terlahir untuk berproses...
Salam Pendidikan Berkualitas...

Kamis, 15 April 2010

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN

Mata pelajaran : IPA Fisika
Kelas
: VII SMP
Materi
: Tata Surya
Alokasi waktu
: 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
: Kemampunan Memahami Hal yang Berkaitan dengan Tata Surya
Kompetensi Dasar
:

1. Memaparkan tata surya dan anggotanya.
2. Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai planet
.
3. mendeskripsikan proses – proses khusus yang terjadi dilapisan litosfer yang terkait dengan masalah – masalah lingkungan.

Indikator
:

1. Menggolongkan yang termasuk anggota tata surya
2. Menguraikan pengertian dan perbedaan planet yang satu dengan planet yang lain.
3. mendefinisikan komet, meteor dan meteorid, asteroid, satelid, dan benda langit lainnya sebagai anggota tata surya.
4. mendeskripsikan matahari sebagai bintang, unsure, dan susunan lapisan matahari.
5. mengetahui bentuk dan ukuran bumi, pengaruh rotasi bumi, pengaruh revolusi bumi.
6. Menguraikan bulan sebagai satelit bumi
.
7. Mengetahui satelit – satelit planet lain dalam tata surya
.
8. Memahami bagaimana gerhana terjadi
.

9. Mengetahui lapisan litosfer.

10.Mampu membuat aplikasi sederhana yang berkaitan dengan tata surya.

Metode Pembelajaran
1. Penjelasan materi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
kelompok
4. Pengamatan
5. Pemberian tugas
(tertulis maupun prakter aplikasi terkait tata surya)


Langkah-Langkah Pembelajaran
a.
Pembukaan / Mengucapkan salam, dilanjutkan berdoa bersama sebelum memulai pelajaran.
b. Mengabsensi peserta didik
c. Mengkondisikan peserta didik pada suasana pembelajaran yang efektif
d.Memberikan penjelasan terkait Tata Surya.
e. Peserta didik mengamati dan menjelaskan pengertian tata surya dan benda-benda apa saja yang termasuk tata surya.

g. Peserta didik melakukan tanya jawab tentang tata surya.

h. Menyimpulkan materi pembelajaran yang telah disampaikan
i. Memberi evaluasi
j. Memeriksa hasil evaluasi
k. Menganalisis hasil evaluasi


Alat dan Sumber Belajar
1. Sumber belajar
( buku ajar, internet, media massa)
2. Alat Pembelajaran
(alat peraga yang tersedia di laboratorium IPA)


Penilaian
1. Kognitif (berdasarkan tes tertulis)

Bentuk tes : à pilihan ganda

è Essay

2. Afektif (berdasarkan keaktifan siswa dan kesungguhan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar)

3. Motorik (berdasarkan tugas praktek yang dikerjakan siswa terkait materi yang telah disampaikan)

*Lampiran Bentuk Tes

Evaluasi Materi Tata Surya :

A. Pilihlah Jawaban yang paling tepat :

1. Berikut ini yang termasuk anggota tata surya adalah….

a. Matahari, bumi, bulan, planet, meteorit, komet, satelit

b. Batu, bintang, ufo, tumbuhan, mataheri

c. Bumi, bulan, galaxy,komet, roket

d. Cahaya, bintang, teleskop, satelit

2. Urutan planet berdasarkan jarak terdekat hingga terjauh dari matahari adalah….

a. Merkurius, bumi, venus, mars, Jupiter, Uranus, saturnus, neptunus, Pluto

b. Merkurius, venus, bumi, mars, Jupiter, saturnus, Uranus, neptunus, Pluto

c. Merkurius, mars, Jupiter, saturnus, pluto, Uranus, venus, bumi,venus

d. Mars, venus, Jupiter, Uranus, neptunus, Pluto, bumi, merkurius, Saturnus

3. Salah satu benda langit adalah satelit,definissi satelit berikut yang tepat adalah…

a. Bagian yang yang hancur karena gesekan terhadap atmosfer bumi,

b. Benda-benda lain yang relative lebih kecil dari planet yang juga mengitari matahari dan orbit antara orbit mars dan Jupiter.

c. Memiliki cahaya dan mengelilingi matahari pada orbitnya.

d. Benda langit yang lebih kecil beredar mengelilingi benda langit yang lebih besar (planet) dan tetap berada pada gaya tarik benda langit yang lebih besar.

4. Yang tergolong satelit yang dimiliki planet mars….

a. Bulan, phobos

b. Phobos, deiomos

c. Triton, nereidn, phobos, deimos

d. Atlas, Pandora, phoebe, Miranda, titan

5. Susunan matahari yang terletak pada atmosfer matahari terdiri atas…..

a. Litosfer, mesosfer, phrotospher

b. Korona, kromosfer, fotosfer, inti matahari

c. Granula, flare, noda matahari, lidah api

d. Korona, granula, lidah api, kromosfer

6. Akibat dari pengaruh rotasi bumi antara lain…..

a. Perbedaan waktu, pasang surut air laut

b. Adanya gerak semu harian, perbedaan waktu, pergantian siang dan malam

c. Adanya gerak semu harian, pasang surut air laut

d. Penggembungan di katulistiwa, pasang surut air laut, pergantian siang malam

7. Terdapat bentuk-bentuk gerhana matahari, berikut ini yang termasuk bentuk dari gerhana matahari adalah….

a. Bulat, penuh, spasial, total

b. Total, cincin, spasial

c. Total, spasial, bulat

d. Bulat, cincin, spasial

8. Daerah bayangan inti pada gerhana disebut……

a. Penumbra

b. Cincin

c. Fase

d. umbra

9. Fase bulan berikut secara beurutan adalah….

a. Bulan baru, bulan sabit, bulan separuh, bulan purnama

b. Bulan sabit, bulan purnama, bulan separuh

c. Bulan baru, bulan sabit, bulan purnama, bulan separuh

d. Bulan sabit, bulan baru, bulan separuh, belum purnama

10. Satelit yang pernah diluncurkan oleh Indonesia guna kelancaran komunikasi adalah…

a. Deimos

b. Titan

c. Palapa

d. Apollo

B. Essay

1. Jelaskan teori tata surya menurut Nicolaus Copernicus?

2. Jelaskan dan sebutkan perbedaan planet dalam dan planet luar?

3. Sebutkan jenis-jenis satelit beserta manfaatnya!

4. Sebutkan definisi dari lapisan-lapisan penyusun matahari ?

5. Sebutkan pengaruh rotasi bimi, dan revolusi bumi !




Tidak ada komentar:

Posting Komentar