selamat datang sahabat-sahabat yang peduli pendidikan..

Ada Untuk Berbagi,.
Terlahir untuk berproses...
Salam Pendidikan Berkualitas...

Kamis, 19 Mei 2011

TUGAS REPORTASE KE-6

MANAJEMEN PEMASARAN DAN JASA PENDIDIKAN

Nama : Tuti Alfiani

Jurusan : Manajemen Pendidikan 2009 FIP UNJ

NIM : 1445096092

PRICING

UNJ-11 Mei 2011. Pada pertemuan kali ini dosen Manajemen pemasaran dan jasa pendidikan Bapak Amril Muhammad,SE., M.Pd menjelaskan tentang pricing atau harga pada marketing mix.

Price atau harga adalah sejumlah uang yang ditukarkan untuk memperoleh produk atau jasa. Selain itu, harga merupakan sejumlah nilai yang digunakan untuk memperoleh manfaat dari kepemilikan atau penggunaan jasa.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi harga :

1. Internal Faktor (Faktor-faktor yang ada di dalam organisasi) yaitu :

a. cost (harga pokok) terdiri dari Bahan Baku+Tenaga Kerja Langsung+Overhead+Laba
b. Marketing mix strategy yaitu barang yang sama dijual ditoko yang beda, harganya menjadi berbeda
c. marketing Objektif yaitu Mengenai tujuan dari pemasaran
d. organizational consideration (Pertimbangan Organisasi) yaitu :
*Pertimbangan-pertimbangannya berupa SDM
*pertimbangan berdasarkan produk yang berkaitan dengan kemasan, outlet dll.


2. Faktor Eksternal terdiri dari :

a. Market yang terdiri dari :

* Pure Competion (berjualan dengan kompetisi yang fair), contoh pasar biasa
* Monopoli , contoh PLN. PT KAI
* Oligarki, terdapat beberapa perusahaan naun penentuan harga berdasarkan kesepakatan bersama.

b. Demand (Kekuatan Permintaan) yang memiliki hukum bahwa jika Demand naik, Supply tetap maka harga Naik sebaliknya Apabila Demand turun, Supply tetap maka harga Turun

c.competitor atau pesaing

d. other eksternal factor yaitu Politik, Sosial, Hukum (memeriksa ke laboratorium), Ekonomi dan Biografi

Terdapat tiga pendekatan dalam menentukan harga yaitu:
1. Pricing Approach, yang terdiri dari cost based pricing yaitu harga pokok produksi ditambah dengan laba, value based pricing (kelompok konsumen/sasaran) dan competition based pricing.

2. Price Adjusment Strategis , terdiri dari :
a. Discount allowance
b. segmented pricing
c. psychological prices
d. promotional prices
e. geographic prices
f. international prices

Tidak ada komentar:

Posting Komentar