selamat datang sahabat-sahabat yang peduli pendidikan..

Ada Untuk Berbagi,.
Terlahir untuk berproses...
Salam Pendidikan Berkualitas...

Senin, 28 Maret 2011

Analisis Segmentasi Pemasaran

TUGAS REPORTASE KE-4
MANAJEMEN PEMASARAN DAN JASA PENDIDIKAN
Nama : Tuti Alfiani
Jurusan : Manajemen Pendidikan 2009 FIP UNJ
NIM : 1445096092

Analisis Segmentasi dan Targeting Pasar

UNJ, 23 Maret 2011. Perkualiahan Manajemen Pemasaran dan Jasa Pendidikan kali ini membahas tentang segmentasi dan targeting dalam pemasaran. Amril Muhammad, SE., M.Pd menerangkan pada prinsipnya pasar merupakan tempat bertemunya pembeli potensial dengan penjual atau penyedia layanan produk (barang dan jasa).

Jenis pemasaran digolongkan menjadi sebagai berikut :

1.Mass Marketing, adalah produksi dan penjualan produk secara masal dan besar-besaran. Contohnya PT. Coca-cola memproduksi produk minuman secara banyak dengan tujuan dapat dibeli dimana-mana oleh pelanggan dengan harga yang relatif murah dan mudah didapatkan.

2.Product Variety Marketing, jenis ini bisa dilihat dari feature atau tambahan style atau gaya. Contohnya bermacam-macam model kerah pada kemeja, ukuran pakaian ( S, M, L, XL) serta memperhatikan kualitas dari produk tersebut.

3.Target marketing atau sasaran, adalah memperhatikan segmentasi. Segmentasi adalah membagi atau memecah pasar dalam kelompok-kelompok serta membuat perbedaan dari kebutuhan, karakteristik dan perilaku konsumen.

Yang menjadi dasar dalam identifikasi segmentasi pemasaran adalah :
1.Faktor geografis, membagi segmentasi sebagai berikut:
a.Nation (kebangsaan),menjual produk di dalam atau di luar negeri.
b.State atau negara,mempertimbangkan aturan-aturan yang dibuat oleh suat negara.
c.Region atau wilayah, mempertimbangkan wilayah tempat pembuatan atau penyebaran hasil produksi.
d.City atau kota, di sini sistem penjualan dengn harga tinggi akan lebih mudah diterapkan di kota daripada di desa.

2.Faktor demografis, faktor ini membagi segmentasi berdasarkan :
a.Usia, misalnya jika ingin mendirikan sekolah SD pada suatu lingkungan maka harus memperhatikan banyaknya anak yang berkisar 7-12 tahun di lingkungan tersebut.
b.gender, berdasarkan jenis kelamin laki-laki atau perempuan.
c.Family Size, faktor ini melihat dari banyak sedikitnya jumlah anggota dalam suatu keluarga. Misalnya dalam membeli mobil keluarga yang beranggotakan banyak maka akan lebih memilih mobil berukuran besar dengan kapasitas yang bisa memuat banyak orang.
d.Family recycle
e.Income atau pendapatan
f.Occupation atau pekerjan
g.Pendidikan
h.Agama
i.RAS

3.Faktor Psycografis, membagi segmentasi menjadi :
a.Sosial, berdasarkan level atau kelas sosial dalam masyarakat.
b.Gaya hidup atau life style , berdasarkan sederhana selera atau glamournya selera masyarakat.
c.Personality atau individu.
4.Faktor Behaviour atau perilaku, membagi segmentasi menjadi :
a.Manfaat
b.Status penggunaan
c.Sering tidaknya digunakan
d.loyalitas
e.Kesiapan konsumen
f.Sikap terhadap produk
g.Tipe positif dan negatif
h.Relationship buyers
i.Transaction buyer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar