selamat datang sahabat-sahabat yang peduli pendidikan..

Ada Untuk Berbagi,.
Terlahir untuk berproses...
Salam Pendidikan Berkualitas...

Minggu, 16 Oktober 2011

Manajemen Diklat (Merumuskan Kurikulum Diklat)

Tugas Manajemen Diklat Pertemuan ke -6

Nama : Tuti Alfiani

NIM : 1445096092

Jurusan : MP NR 2009



Merumuskan Kurikulum Diklat

Jakarta-Senin, 10 Oktober 2011. Selalu dinanti reportase mata kuliah Manajemen Pendidikan dan Pelatihan setiap pekannya. Pekan ini perkuliahan kembali dimulai hampir pukul 08.30 di ruang 306 Gd. Daksinapati lantai 3 dengan dosen Bapak Amril Muhamad, SE . Setelah pekan sebelumnya membahas mengenai struktur organisasi, perkuliahan kali ini merupakan kelanjutan dari materi sebelumnya. Mahasiswa diminta untuk membuat rumusan kurikulum pada diklat. Namun, sebelum mahasiswa mengerjakan tugas tersebut, Pak Amril terlebih dahulu meberikan pemgantar dan materi yang terkait dengan rumusan kurikulum sembari menunjukkan beberapa contoh kurikulum yang beliau buat untuk diklat beberapa instansi yang ditayangkan melalui slide.



Lalu materi apa yang diberikan Pak Amril dalam upaya memberikan pengertian kepada mahasiswa tentang rumusan kurikulum pada diklat? Ini dia penjelasan singkat yang beliau paparkan di depan kelas. Dalam menyusun kurikulum diperlukan langkah-langkah tertentu yang perlu dipersiapkan. Pertemuan kali ini lebih berfokus pada penentuan kompetensi. Kompetensi yaitu kemampuan berfikir , bersikap dan bertindak secara konsisten sebagai perwujudan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dimiliki oleh peserta diklat. Kompetensi diklasifikasikan dalam 3 aspek kompetensi, yaitu (1) berfikir, kemampuan mengembangkan kemampuan berfikir, (2) bersikap profesional, berorientasi pada memuaskan pelanggan, memiliki etika yaitu aturan yang harus ditaati dan ketika dilanggar dikenakan sanksi, memiliki pengetahuan yang cukup tentang apa yang ingin dia lakukan, serta upaya untuk melakukan pengembangan diri secara terus menerus. (3) bertindak.



Selain itu, dalam membuat kurikulum, penting untuk memahami pilar kompetensi. Terdapat 3 pilar kompetensi. Pilar yang pertama adalam kompetensi utama, adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh seseorang yang menduduki suatu jabatan . Contoh dari pilar ini seperti kompetensi guru, seperti pedagogik, personal, sosial dan profesional. Pilar kedua, kompetensi pendukung, yaitu kompetensi yang dibutuhkan untuk mengoptinalkan perwujudan kompetensi utama, contoh kompetensi utama guru mengajar, tapi jika guru tersebut memiliki kompetensi pendukung IT maka akan meningkatkan performa dalam kerjanya. Pilar terakhir adalah kompetensi lainnya, dimana kompetensi ini secara tidak langsung mendukung optimalisasi kompetensi utama, misal jika pegawai bank mengetahui dan memahami UU tentang perbank-kan maka pegawai bank tersebut berupaya untuk tidak melakukan penyimpangan.



Setelah memberikan pemaparan tentang bagaimana menyusun rumusan kurikulum, mahasiswa diminta untuk membuat rumusan kurikulum dengan langkah-langkah mengerjakan sesuai yang telah Pak Amril tetapkan sperti menentukan nama jabatan ,menyebutkan uraian tugas, menentukan kompetensi , serta membuat struktur kurikulum seperti yang dicontohkan. Karena waktu yang terbatas dan perkuliahan harus diakhiri sedangkan tugas belum selesai, maka Pak Amril mempersilahkan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas tersebut di rumah serta wajib dikumpulkan esok harinya yaitu hari selasa tanggal 11 Oktober. Tepat pukul 10.15 mahasiswa meninggalkan ruamg kelas karena perkuliahan telah berakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar