selamat datang sahabat-sahabat yang peduli pendidikan..

Ada Untuk Berbagi,.
Terlahir untuk berproses...
Salam Pendidikan Berkualitas...

Minggu, 09 Oktober 2011

Reportase ke-2 (Struktur Organisasi)

Tugas Manajemen Diklat Pertemuan ke -5

Nama : Tuti Alfiani
NIM : 1445096092
Jurusan : MP NR 2009


Jakarta-Senin, 3 Oktober 2011 Tidak seperti biasanya hari ini perkuliahan pertemuan ke-5 Manajemen Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di ruang 306 Gd. Daksinapati lantai 3 dengan dosen Bapak Amril Muhamad, SE baru dimulai tepat pada pukul 08.30. Pada perkuliahan kali ini berbeda dengan pertemuan-pertemuan sebelumnya Dosen tidak memberikan materi, pertemuan dialihkan pada latihan membuat aplikasi struktur organisasi lembaga yang pada semester sebelumnya (semester 4) yaitu pada mata kuliah manajemen pemasaran mahasiswa telah menyelesaikan tugas untuk membuat suatu lembaga pendidikan atau sejenis jasa pendidikan lainnya. Hal ini juga berarti perkuliahan sedikit mengulas materi semester sebelumnya sekaligus sebagai tindak lanjut dari usaha jasa pendidikan maupun lembaga pendidikan yang dibuat oleh mahasiswa. Sebelum memberikan penugasan, Pak Amril menjelaskan singkat tentang struktur organiasi yang dimaksud. Meskipun demikian, pada menit-menit awal perkuliahan, mahasiswa banyak yang masih terlihat bingung terkait struktur organisasi yang akan dibuat, tidak heran jika beberapa mahasiswa mengajukan pertanyaan dan dengan segera Pak Amril menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut satu persatu.


Beberapa waktu kemudian, secara bertahap dan tersistematis setelah mahasiswa selesai membuat stuktur organisasi lembaga pendidikan dan jasa pendidikan, Pak Amril kembali menugaskan mahasiswa untuk membuat uraian fungsi dan tugas dari struktur yan telah selesai dibuat, namun sebelumnya Pak Amril telah memberikan arahan terkait pembagian tugas dan fungsi tersebut. Misalnya saja jika dalam struktur organisasi, jabatan yang lebih tinggi dari kepala memiliki tugas mengkoordinasikan, kepala sekolah atau jabatan dibawahnya memiliki ciri tugas memimpin, membina, kemudian jabatan pada stafff memiliki tugas membuat, membantu menyusun dll.


Selanjutnya setelah mahasiswa selesai membuat uraian tugas dan fungsi dari jabatan-jabatan yang tertera dalam struktur organisasi, Pak Amril kembali memberikan tugas agar mahasiswa membuat rancangan pelatihan dan pendidikan apa yang cocok diberikan kepada jabatan-jabatan tersebut yang sekiranya sesuai.
Menjelang pukul 10.15 beberapa mahasiswa telah selesai mengerjakan tugas dan mengumpulkannya pada Pak Amril, dan sebagiannya lagi masih menyelesikan tugas. Tak berapa lama kemudian semua selesai dan perkuliahan kali ini berakhir.

1 komentar: