selamat datang sahabat-sahabat yang peduli pendidikan..

Ada Untuk Berbagi,.
Terlahir untuk berproses...
Salam Pendidikan Berkualitas...

Jumat, 10 Juni 2011

reportase ke 10

TUGAS REPORTASE KE-10

MANAJEMEN PEMASARAN DAN JASA PENDIDIKAN

Nama : Tuti Alfiani

Jurusan : Manajemen Pendidikan 2009 FIP UNJ

NIM : 1445096092


Marketing Mix

UNJ-Jakarta, kali ini perkuliahan manajemen pemasaran dan jasa pendidikan membahas tentang marketing mix atau bauran. Biasanya terkait dengan emapt hal yang terpenting yaitu berhubungan dengan product, price, place dan promosi promotion. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah penjelasan dari marketing mix :

a.Product adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan untuk diperhatikan, attention, ace yang mungkin memuaskan individu dari sebuah keinginan atau kebutuhan.

b.Price adalah segala sesuatu mengenai harga produk.

c.Place adalah penempatan suatu produk di tempat yang strategis mudah dijangkau oleh konsumen.

d.
Promotion cara bagaimana agar suatu produk dapat diketahui dan dapat di konsumsi oleh khalayak umum.


Product dapat diklasifikasikan menjadi

a.Consumer Product : produk yang dibeli dapat langsung digunakan atau dipakai sendiri

b. Product Convenience : produk yang dibeli secara terus-menerus, seperti bahan makanan.

c.Product Shopping : produk yang di beli selektif/ proses pembeliannya lebih selektif, seperti sepatu atau pakaian.

d.Product Specialty : produk atau barang yang dibeli sifatnya special.

e.Product Unsought : produk atau barang dibeli karena tren atau karena tertarik oleh discount.

Industrial Product : barang yang dibeli untuk kepentingan industry atau bisnis dan menambah keuntungan bisnis atau untuk di jual kembali.
Konsumen membeli suatu barang atau produk tertentu karena konsumen memiliki beberapa alasan, beberapa alasan diantaranya yaitu :

a.Product attribute : kelengkapan-kelengkapan produk yang ditawarkan dan dapat dilihat dari kualitas produk (fungsi, daya tahan, kehandalan, prepossession, tampilannya terlihat bagus/ tidak menggangu penglihatan, mudah dipakai, mudah diperbaiki jika mengalami kerusakan, murah, dan memiliki nilai-nilai lainnya), features, dan design.

b.Brand : nama atau istilah, tanda, symbol, dan design. terdapat beberapa macam brand yaitu brand equity, brand sponsor (induk/sponsor terkenal), Co branding (merk bersama).

c.Packaging : kemasan (container dan wrapper)

d.Labeling

e.Product support service : tempat service produk atau barang yang di beli oleh konsumen, jika produk tersebut mengalami kerusakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar