selamat datang sahabat-sahabat yang peduli pendidikan..

Ada Untuk Berbagi,.
Terlahir untuk berproses...
Salam Pendidikan Berkualitas...

Jumat, 10 Juni 2011

reportase ke 9

TUGAS REPORTASE KE-9

MANAJEMEN PEMASARAN DAN JASA PENDIDIKAN

Nama : Tuti Alfiani

Jurusan : Manajemen Pendidikan 2009 FIP UNJ

NIM : 1445096092



KUALITAS (Quality)

UNJ-JAKARTA, Rabu, 25 Mei 2011 Perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan membahas materi perkuliahan mengenai kualitas atau quality. Kualitas adalah suatu strategi dasar bisnis yang menghasilkan barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan atau bahkan melampaui harapan konsumen bukan saja satu kali tetapi berulangkali dan memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Berikut ini adalah tiga macam bentuk kualitas:

1.Satu-satunya, maksudnya adalah kualitas yang ditimbulkan akibat dari hanya satu produsen produk seperi itu sehingga bersifat absolute. Karena hanya satu-satunya penghasil produk tersebut, jumlah barang yang diproduksi pun tidak dapat mencukupi kebutuhan pelanggan (jumlah sedikit).

2.Standar, maksudnya adalah kualitas yang bersifat relative

3.Consumer satisfaction (kepuasan pelanggan), maksudnya adalah kualitas yang bersifat memenuhi kebutuhan pelanggan. Begitu banyak jumlah konsumen dengan selera yang berbeda-beda, namun bagaimana caranya agar tetap bisa membuat konsumen senang dan puas.

Untuk dapat menganalisis perilaku konsumen dengan cara marketing intelijen yaitu untuk memantau memantau apakah tipe konsumen yang suka membeli atau tipe yang eksklusif. Selain itu cara menganalisis juga dapat dilakukan dengan prinsip FISH BONE, yaitu tulang-tulang ikan yang diisi dengan beberapa indicator, seperti daya tahan daya tahan, harga, sumber daya manusia (SDM), sarana, dan kurikulum sedangkan di sisi kanan itu ada: merk, kemasan, kemudahan lokasi, promosi, dan fitur lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar