TUGAS REPORTASE KE-12
MANAJEMEN PEMASARAN DAN JASA PENDIDIKAN
Nama : Tuti Alfiani
Jurusan : Manajemen Pendidikan 2009 FIP UNJ
NIM : 1445096092
Identifikasi segmentasi pemasaran (Lanjutan materi segmentasi pemasaran)
Yang menjadi dasar dalam identifikasi segmentasi pemasaran adalah :
1.Faktor geografis, membagi segmentasi sebagai berikut:
a.Nation (kebangsaan),menjual produk di dalam atau di luar negeri.
b.State atau negara,mempertimbangkan aturan-aturan yang dibuat oleh suat negara.
c.Region atau wilayah, mempertimbangkan wilayah tempat pembuatan atau penyebaran hasil produksi.
d.City atau kota, di sini sistem penjualan dengn harga tinggi akan lebih mudah diterapkan di kota daripada di desa.
2.Faktor demografis, faktor ini membagi segmentasi berdasarkan :
a.Usia, misalnya jika ingin mendirikan sekolah SD pada suatu lingkungan maka harus memperhatikan banyaknya anak yang berkisar 7-12 tahun di lingkungan tersebut.
b.gender, berdasarkan jenis kelamin laki-laki atau perempuan.
c.Family Size, faktor ini melihat dari banyak sedikitnya jumlah anggota dalam suatu keluarga. Misalnya dalam membeli mobil keluarga yang beranggotakan banyak maka akan lebih memilih mobil berukuran besar dengan kapasitas yang bisa memuat banyak orang.
d.Family recycle
e.Income atau pendapatan
f.Occupation atau pekerjan
g.Pendidikan
h.Agama
i.RAS
3.Faktor Psycografis, membagi segmentasi menjadi :
a.Sosial, berdasarkan level atau kelas sosial dalam masyarakat.
b.Gaya hidup atau life style , berdasarkan sederhana selera atau glamournya selera masyarakat.
c.Personality atau individu.
4.Faktor Behaviour atau perilaku, membagi segmentasi menjadi :
a.Manfaat
b.Status penggunaan
c.Sering tidaknya digunakan
d.loyalitas
e.Kesiapan konsumen
f.Sikap terhadap produk
g.Tipe positif dan negatif
h.Relationship buyers
i.Transaction buyer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar