selamat datang sahabat-sahabat yang peduli pendidikan..

Ada Untuk Berbagi,.
Terlahir untuk berproses...
Salam Pendidikan Berkualitas...

Jumat, 25 Juni 2010

RPP

TUGAS MANAJEMEN KURIKULUM
“MEMBUAT SILABUS DAN RPP SATUAN PENDIDIKAN SMK”


OLEH :
TUTI ALFIANI / 1445096092

MANAJEMEN PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan/mapel : SMK Pariwisata/manaj. Perhotelan
Kelas/semester : X/gasal
Materi : Kategori, Tipe dan Fsilitas Kamar Hotel
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi Kategori, Tipe Kamar, dan Fasilitas Hotel.

Kompetensi Dasar :
 Menjelaskan Penggolongan Kategori Hotel berdasarkan ukurannya
 Mendeskripsikan tipe Kamar hotel
 Menjelaskan Fasilitas Hotel

Indikator :
 Menjelaskan tujuan dari tujuan penggolongan kategori hotel.
 Mendeskripsikan tipe kamar dalam perhotelan
 Menggambarkan denah atau tata letak kamar hotel.
 Menjelaskan pembagian waktu dan tarif penyewaan kamar hotel
 Menjelaskan pengertian dan yang tergolong fasilitas hotel.
 Mendeskripsikan fasilitas penunjang hotel
Metode Pembelajaran
1. Penjelasan materi
2. Presentasi
3. Diskusi kelompok/Tanya jawab
4. Pengamatan
5. Pemberian tugas (tertulis maupun prakter aplikasi terkait materi)


Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Pembukaan / Mengucapkan salam, dilanjutkan berdoa bersama sebelum memulai pelajaran..
b. Mengabsensi peserta didik
c. Mengkondisikan peserta didik pada suasana pembelajaran yang efektif
d. Memberikan penjelasan singkat terkait kategori hotel, tipe kamar hotel dan fasilitas hotel.
e. Peserta didik melakukan presentasi terkait materi.
f. Peserta didik melakukan diskusi tanya jawab tentang materi yang telah dibahas/dipresentasikan
g. Menyimpulkan materi pembelajaran yang telah disampaikan
h. Memberi evaluasi
i. Memeriksa hasil evaluasi
j. Menganalisis hasil evaluasi
k. Pemberian tugas

Alat dan Sumber Belajar
1. Sumber belajar ( buku ajar, internet, media massa)
2. Alat Pembelajaran (alat peraga yang tersedia di ruang multimedia)

Penilaian
1. Kognitif (berdasarkan tes tertulis) Bentuk tes : Essay
2. Afektif (berdasarkan keaktifan siswa dan kesungguhan siswa dalam mengikuti kegiatan
belajar mengajar)
3. Motorik (berdasarkan tugas praktek/observasi yang dilakukan peserta didik) .



*Lampiran Bentuk Tes
Evaluasi Materi Kategori, Tipe Kamar, dan Fasilitas Hotel.
Essay ! Jawablah Pertanyaan berikut dengan benar !
1. Sebutkan pengoperasian hotel berdasarkan ukurannya !
2. Sebutkan berdasarkan apa saja klasifikasi kategori hotel?
3. Jelaskan apa saja macam hotel?(minimal 5)
4. Sebutkan dan jelaskan definisi kamar hotel!
5. Apa yang dimaksud dengan twin doble atau double-double pada tipe kamar hotel?
6.Bagaimana denah tipe kamar doble dan twin dan denah tipe kamar studio double?
7. Sebutkan dan jelaskan definisi dari lock out dan out of order pada keadaan dan status kamar?
8. Sebutkan 3 perhatian utama yang harus dilakukan bagian resepsionis pada waktu tamu check out?
9.Sebutkan dan jelaskan apa saja yang termasuk fasilitas penunjang operasional hotel?
10. Sebutkan dan jelaskan apa saja yang termasuk fasilitas penunjang operasional departmen?

2 komentar:

  1. Warm regard to you, Sorry, Your lesson plan is a simple one but can be applied.Go on ...

    BalasHapus
  2. assalamualaikum..
    mau nanya teh,
    kepribadian profesional itu apakah bagian dari kecakapan hidup?
    trims.
    salam

    BalasHapus